Blog Posts » Sufi » ANTARA TASAWUF DAN KEDOKTERAN

ANTARA TASAWUF DAN KEDOKTERAN

Akhir zaman banyak yang Tasawufobia, itu karna mengartikan tasawuf harus mensyaratkan bla bla bla yang mungkin bertolak belakang dengan kondisi kita.

img

Kita ambil contoh orang yang kaya takut tasawuf karna mensyaratkan zuhud dan harus hidup miskin. Dia khawatir bila masuk tasawuf akan mendapat larangan enak-enakan dalam hidupnya di sana/i. Ini sangat manusiawi :p

"Ketahuilah zuhud itu tak melarang seseorang untuk menjadi kaya, justru dengan zuhud kita akan merasakan bagaimana kaya yang sebenarnya"

Zuhud adalah meninggalkan bergantungnya hati (ta'alluq) pada harta dunia, baik yang sudah dimiliki, apalagi yang belum kita miliki. Apa enaknya bila kaya namun di larang sana/i oleh dokter?

Sebenarnya tasawuf dalam kehidupan ini sama persis dengan riset kedokteran. Contoh:

>Dokter mengetahui penyakit pasien di akibatkan banyaknya kolestrol dalam darah. Lalu Dokter menganjurkan membatasi buah-buahan tertentu seperti makan atau minum yg terbuat dari kelapa.

Begitu pula seorang guru Tasawuf akan mencarikan solusi penyebab penyakit yg ada kaitannya dengan hati dan mengarahkan untuk membatasi diri dari sesuatu yg mengakibatkan timbulnya penyakit hati.

>Bukan berarti larangan dokter itu paten yg ndak bisa di uwik-uwik, tetapi resepnya lah yg paten. Seorang yg gemuk tidak cocok minum obat merk "A", tetapi cocoknya memakai obat merk "B".

Hal senada juga berlaku didalam dunia tasawuf. Walaupun sama orangnya, namun belum tentu sama penanganannya. Karna mungkin di lihat dari sosial masyarakat atau karakter orang tersebut.

>Doker berkata: "penggunaan obat tak boleh over dosis karna bisa merusak ginjal dan hati bahkan bisa menyebabkan kematian. Vitamin saja yang dibutuhkan tubuh terkadang harus di hentikan".

Dalam uraian dan pengamalan fan tasawuf juga sama. Artinya mungkin kita menganggap VITAMIN HATI yg semestinya kita butuhkan justru kadangkala menjadi bahaya bagi kita karna over dosis. Barakallah

    Tgl. created: Fri, 17 Aug 2012 20:42:51 +0700
  • Tgl. modified: Fri, 17 Aug 2012 20:50:04 +0700
  • Viewed: 3158 times
  • Label: Sufi
  • Bagikan: Facebook, Twitter
  • Komentar: View (0) · Tulis