Blog Posts » Adab » BULAN RAJAB YANG MULYA

BULAN RAJAB YANG MULYA

Alhamdulillah, tak terasa kita besuk selasa, 22 mei 2012 telah masuk bulan Rajab, bulannya Allah swt.Ada yg mengatakan huruf Rajab,
-Ra':rahmat Allah
-Jim:jurmul abdi (dosa hamba)
-Ba':birrullah (kebaikan Allah).
Bahkan banyak ulama yang mengantisipasi sebagai awal persiapan bulan ramadlan.

Mungkin bisa digambarkan "Janganlah mengharap kebaikan lailatul qadar selain bulan ramadhan, janganlah mengharab kebaikan ramadhan bila engkau tak memulai dibulan rajab".
Mungkin inilah yang membuat kebanyakan ulama mulai menyongsong dengan memperhatikan dan memperbanyak amal mulai bulan rajab.

Kenapa dikatakan bulan rajab? Karna orang arab mengagungkan bulan ini (rajabtu as-syai'a, idza addzamtuhu). Diantara mengagungkannya adalah juru kunci ka'bah membukanya dibulan ini, tidak dibulan lain kecuali hari senin dan kamis.
Mereka berkata: Bulan (rajab) adalah bulannya Allah, dan rumah adalah rumahnya Allah, dan hamba adalah hambanya Allah. Maka seorang hamba tidak dicegah di baitullah (ka'bah) dalam syahrullah (rajab).

img
>Rasulullah berkata: "sungguh disurga ada sungai namanya rajab, lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari dibulan rajab, maka Allah akan meminumkan darinya". (HR.Bukhari dan Muslim)

>Rasulullah berkata: "rajab adalah bulan Allah, dan sya'ban adalah bulanku, dan ramadhan adalah bulan umatku". (HR.Abu al-fath bin abi al-fawaris. Hadits mursalan/ jim-shad:4411).

>Rasulullah berkata: "puasa hari awal bulan rajab menjadi kafarat 3 tahun,hari kedua kafarat 2 tahun, hari ketiga kafarat 1 tahun. Kemudian tiap hari (kafarat) satu bulan". (HR.Abu muhammad al-khalal/ jim-shad:5051)

>Rasulullah berkata: "tiap manusia adalah orang yang lapar kelak dihari kiamat kecuali para nabi dan ahlinya, dan orang yang berpuasa dibulan rajab, sya'ban, dan ramadhan. Mereka orang-orang yang kenyang, tiada lapar dan haus baginya". (durrah:41)

>Nabi saw bersabda: "Zaman (masa) terus berjalan dari sejak awal penciptaan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan yaitu Dzul Qa'dah, Dzul Hijjah dan al-Muharam serta Rajab yang berada antara Jumadil (akhir) dan Sya'ban. (HR.Bukhari)

>Rasulullah saw bersabda: "sungguh dalam bulan rajab ada malam yang pahala orang melakukan didalamnya seperti pahala orang berjihad fisabilillah, ketahuilah itu adalah malam 27". (at-tuhfah as-saniyah:296).

Semoga kita mampu diberi kekuatan untuk mencari ridla-Nya dengan melakukan hal-hal yang baik, dan diberi daya upaya agar dihindarkan melakukan hal yang dimurkai-Nya dengan meninggalkan yang tidak baik. Baraka wa ashlakallah