Blog Posts » Ngaji » ?KEUTAMAAN HARI JUM'AT?

?KEUTAMAAN HARI JUM'AT?

√-Rasulullah saw berkata:
"sungguh keutamaan hari-harimu adalah hari jumat, hari diciptakan Adam, hari wafatnya Adam, hari ditiupnya sangkakala dan pingsan (kiamat), maka perbanyaklah shalawat padaku dihari jumat karna sungguh bacaan shalawatmu disampaikan padaku",
shahabat berkata:
"Ya Rasulallah, bagaimana bisa disampaikan shalawat kita pada engkau sedang engkau telah membusuk (wafat)?",
Rasulullah menjawab:
"Kenapa engkau katakan (jasadku) telah membusuk? Sungguh Allah mengharamkan atas tanah memakan jasad-jasad para Nabi Alaihimus shalatu was salam".

√-Dalam riwayat lain,
"bagaimana engkau menjawab salam dari kami sedang jasad engkau telah hancur?",
Rasulullah menjawab:
"Sungguh Allah mengharamkan tanah untuk memakan jasad-jasad para Nabi, tiada seorang yang mengucapkan salam padaku kecuali Allah menyampaikan pada ruh-ku hingga aku menjawab salam padanya".

√-Rasulullah saw berkata dan menyebutkan jumat:
"Barangsiapa mandi dan membersihkan (badannya) dan mempersiapkan berangkat pagi (ke masjid), lalu mendekat kemudian khusyuk mendengarkan (khutbah) dan tidak bicara (yang tak ada gunanya), maka baginya tiap langkah adalah balasan pahala setahun, berupa (pahala) puasa dan shalatnya".

√-Dari abu hurairah ra, sungguh Nabi saw berkata:
"tidak terbit dan tidak tenggelam matahari (kiamat) pada hari yang utama dari hari jumat, dan tiada hewan melata dimuka bumi melainkan mereka takut terhadap hari jumat kecuali dua makhluk yang memperberat timbangan (jin dan manusia). Dan dipintu-pintu masjid ada dua malaikat mencatat (kedatangan) manusia, yaitu orang yang pertama kemudian orang selanjutnya, (mereka) ibarat berkurban unta, kambing, burung, dan telur. Tatkala imam telah duduk, maka ditutuplah buku catatannya".
img

√-....Rasulullah saw berkata:
"Hari jumat adalah pemimpinnya hari dan agung-agungnya hari disisi Allah, dan hari jumat sangat agung disisi Allah daripada hari raya ied dan kurban, didalamnya ada 5 kejadian:
1.Allah menciptakan adam.
2.Allah menurunkan adam ke dunia.
3.Adam meninggal.
4.Saat (mustajabah), Allah tidak bertanya sesuatu pada hambaNya kecuali Allah memberikannya selama yg diminta bukan keharaman.
5.Hari terjadinya kiamat, tidak ada malaikat terdekat (muqarrabin) disisi Tuhannya dan tiada pula (makhluk) dilangit dan bumi kecuali takut dari hari jumat".

√-Dari anas bin malik ra, dari Nabi saw, beliau berkata:
"Shalat-shalat dalam berjama'ah dan jumat sampai jumat adalah pelebur dosa diantaranya, selama dosa besar dijauhi".

√-Rasulullah saw berkata:
"shalat jumat adalah hajinya orang-orang fakir".
Riwayat lain "... orang-orang miskin".
[marji': Tanbih al-ghafilin dan al-jami' as-shagir]
-
Jangan mendebat, tapi rujuklah pada referensinya. kalaupun mendebat, debatlah pada penyusunnya.