Blog Posts » Sejarah » ??SEJARAH RINGKAS PERKEMBANGAN SEKTE SALAFY-WAHABY??

??SEJARAH RINGKAS PERKEMBANGAN SEKTE SALAFY-WAHABY??

Adalah ibn taimiyah, seorang ulama intelek terkemuka madzhab Hambali, yg dengan tulisannya berupaya mengajak umat islam kembali pada al-quran dan al-hadits, serta meninggalkan kepercayaan yg berbau tahayul dan khurafat.

Menurutnya kembali kembali ke salaf berarti mengembalikan ajaran islam sesuai dg waktu kedatanganya. Ajaran itu terlihat pada generasi;
1.Nabi
2.Shahabat
3.Tabi'in
4.Tabi' at-tabi'in
5.Atba' tabi' at-tabi'in
konsekwensinya, ibn taimiyah byk mengkritik ulama pendahulunya yg dalam penilainnya tlh menyimpang. spt al-asy'ari, al-ghazali, ibn al-rusyd, ibn sina, al-farabi, al-zamakhsyari dan beberapa ulama besar lainnya.

Selain itu,dia juga mengkampanyekan haramnya taklid bagi umat islam,terutama hal akidah.
Juga menyerukan pentingnya menghindar dari perdebatan teologis yg berlarut2.
Meninggalkan hal2 baru yg menodai islam, Anggapannya

Dan gerakan ini mendapat sambutan hangat terutama dari murid-muridnya, spt ibn al-qayyim al-jauziyah yang kemudian diteruskan oleh Muhamad bin abdil wahab (MBAW). Bedanya,
-ibn al qayyim tetap mempertahankan ajaran gurunya. Sementara,
-MBAW justru membuat aliran baru yg kemudian dikenal dg gerakan Wahabiyah.

Periode berikutnya, gerakan ibn taimiyah didengungkan tokoh2 lain, spt jamal al-din al-afghani yg mendirikan Pan Islamisme, muhamad abduh, rasyid ridha, dan ahmad khan. Gerakan ini berhasil menancapkan pemikiran ke berbagai negara termasuk indonesia.

Di indonesia, pengaruh ini bisa dilihat dari lahirnya organisasi sosial-agama, spt PERSIS, MUHAMADIYAH, PUI, al-Irsyad dan organisasi gurem spt JAT, JI, MTA wa alihi wa sohbihi.
Mereka dikenal sbg gerakan islam modernis yang sbg padanan islam tradisionalis yg disandang oleh organisasi islam terbesar, Nahdlatul Ulama (NU).

Adalah Wahabiyah sbg gerakan serupa pendahulunya, yang tokoh utama dibalik berdirinya sekte ini adalah MBAW (Muhamad Bin Abdil Wahab). Konsep MBAW ini mendapat tantangan keras dari masyarakat.

Menyadari ajarannya tak diterima, MBAW meninggalkan tanah kelahirannya, Najd, dan bergabung dg Muhamad ibn Saud (w.1179 H/1766 M), pimpinan al-daryah. Dari sinilah keduanya bahu membahu. MBAW menyumbang dibidang pemikiran, sementara ibn saud dibidang militer.

Kemudian pasukan ibn saud atas permintaan MBAW menghancurkan kuburan-kuburan yg biasa dikunjungi peziarah, menghancurkan makam cucu Rasulullah, al-husain dikarbala pada 1802 M. Beberapa tahun kemudian merusak hiasan-hiasan yg berada diatas makam Nabi, serta kiswa sutra ka'bah juga dihilangkan karna dianggap bidah.

Wahabi sempat melemah mendapat tekanan dari dinasti Ottoman (usmani), namun muncul kembali diawal abad 20 m. Kisaran tahun 1923-1924 (pasca runtuhnya kesultanan turki) dg dukungan Abdul aziz ibn saud, gerakan Wahabi ini berhasil menguasai Mekah, Madinah dan Jedah. Sejak itulah secara resmi sekte ini mendirikan kerajaan saudi dengan Wahabiyah sbg faham resminya.
-
dengan perubahan dan penambahan seperlunya.
[Sejarah tasyri' islam, Team Zanjabil FKI-Lirboyo 2006, hal:337-340]